Apa Sih Arti Bertemu Orang yang Sudah Meninggal? Ini Kata Buya Yahya

Jiwa yang mati akan berada di kuburan. Namun, dikatakan bahwa anggota keluarga yang tersisa memimpikan pertemuan dengan jiwa orang yang meninggal?


Bermimpi bertemu orang mati, apakah benar hantu? Simak penjelasan Buya Yahya dalam ceramahnya. Menurut pandangan Islam, jiwa orang yang meninggal dikubur dan Allah SWT memulihkan jiwa orang tersebut.

Proses likuidasi merupakan langkah awal, namun likuidasi dengan syarat yang sangat mudah dihadapi Monka dan Nakir. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab saat menghadapi Munkar Nakir

Dikutip dari YouTube Desk Jawa Barat Hutama Oni Ristiko pada 1 Mei 2020 bertajuk “Mimpi dengan ibu yang sudah meninggal adalah tanda perjumpaan,” Buya Yahya menjelaskan:

"Sebaik-baik mimpi adalah yang paling jelek saat terbangun, dan sejelek-jelek dalam mimpi adalah, baik, saat terbangun," kata Buya Yahya.

Selama di kubur, arwah menghadapi masalah dengan malaikat Monka dan Nakir. Tidak mungkin untuk keluar, apalagi bertemu kerabat melalui mimpi.

Mimpi hanyalah mimpi, jelas Buya Yahya.

Namun, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan jika mimpi yang baik maka itu adalah kabar baik dai Allah SWT.

Bila mimpi itu buruk, tidak akan membayakan di kehidupan nyata.

“Kalau mimpi bertemu dengan ibu yang sudah meninggal, maka doakan. Kalau ada mimpi baik, maka ditafsirkan dengan yang baik,” ungkap Buya Yahya.

“Anda bermimpi dikejar harimau, lalu anda terbangun, anda mengucapkan alhamdulillah, itu hanya mimpi. Anda sedang berpuasa, lalu dalam mimpi, anda memimpikan sedang memakan makanan yang nikmat, tiba-tiba belum makan anda terbangun. Tidak enak ya? Mimpi adalah mimpi. Jangan terlalu dibawa ke alam nyata,” kata Buya Yahya.

Lantas Buya Yahya memberikan peringatan, jangan mudah untuk menceritakan mimpi buruk kepada orang lain.

Buya Yahya khawatir itu akan ditafsirkan berbeda dan akhirnya timbul fitnah.

“Takutnya dia adalah penghasut, dan menafsirkan mimpi kita dengan jelek. Maka jangan mudah menceritakan mimpi. Kalau ada mimpi, ceritakan kepada orang yang saleh. Orang saleh mengerti kaidah,” ungkap Buya Yahya.

Oleh sebab itu, maka dapat disimpulkan bahwa mimpi bertemu orang sudah meninggal hanya sekedar mimpi.

Roh orang yang sudah meninggal berada di alam kubur. Antara mendapatkan kenikmatan atau siksaan.