Punya Banyak Hutang? Ini Doa dari Buya Yahya Agar Cepat Lunas

Dalam Islam, pembayaran utang adalah wajib dan tidak ada penundaan pembayaran. Orang yang memiliki hutang dan tidak membayarnya, bahkan jika mereka mampu, melakukan dosa.


Berikut ini adalah kejahatan yang dilakukan oleh mereka yang tidak membayar hutangnya:

1. Tidak Masuk Surga

Orang yang meninggal dunia namun masih punya tanggungan hutang maka tidak masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda: عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ فَارَقَ الرُّوحُ الْجَسَدَ وَهُوَ بَرِيءٌ مِنْ ثَلَاثٍ دَخَلَ الْجَنَّةَ مِنْ الْكِبْرِ وَالْغُلُولِ وَالدَّيْنِ

"Barangsiapa di saat ruhnya berpisah dengan jasadnya ia terbebas dari tiga hal maka ia akan masuk surga, yaitu; sombong, mencuri ghanimah sebelum dibagi dan hutang."(HR. Ibnu Majah) [No. 2412 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih.

2. Orang yang Punya Hutang Jiwanya Masih Tergantung

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفْسُ الْمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jiwa seorang mukmin itu bergantung dengan hutangnya hingga terbayar." (HR. Ibnu Majah) [ No. 2413 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih.

3. Pahalanya Diambil untuk Bayar Hutang

Bagi orang yang sudah meninggal namun belum melunasi utangnya maka pahalanya selama hidup akan diambil untuk membayar hutang tersebut.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِيَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ

Dari Ibnu Umar ia berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa meninggal sementara ia mempunyai tanggungan hutang satu dinar atau satu dirham, maka akan diganti dari pahala kebaikannya pada hari yang dinar dan dirham tidak berguna lagi." (HR. Ibnu Majah ) [ No. 2414 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih.

4. Dosa Hutang Tidak Terampuni Walau Mati Syahid

Hutang yang tidak dibayar adalah dosa. Sekalipun mati syahid, dosa hutang masih belum terampuni.

Disebutkan mengenai hal tersebut dalam hadits berikut, “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR. Muslim).

Buya Yahya mengungkapkan dalam ceramahnya di saluran Yotube TV Al-Bahjah berjudul "Do'a Lunasi Hutang" yang diunggah pada 4 Desember 2019 bahwa ada doa jika membaca dapat memudahkan seseorang untuk melunasi hutangnya.

Buya Yahya mengatakan bahwa setelah kami akan membayar hutang kami, kami membaca doa untuk memudahkan pembayaran hutang. Memiliki semangat untuk melunasi utang, dan jika Anda punya uang, jangan tunda untuk segera melunasinya.

"Ada doa dari Nabi SAW pendek gampang dihafal. Sampai dikatakan biarpun hutangmu segunung Allah akan membantu untuk membayarnya:, kata Buya Yahya.

Doa pendek gampang dihafal agar dimudahkan dalam membayar hutang tersebut, kata Buya Yahya adalah: Allahummak fini bi halallika 'an haroomika, wa aghninii bifadhlika 'aman siwaaka.

"Itu doa untuk dimudahkan bayar hutang. Insya Allah semoga Allah menjauhkan kita dari pada hutang", pungkas Buya Yahya.