Profil Tijjani Reijnders, Gelandang Andalan Eredivisie Keturunan Indonesia

Nama Tijjani Reijnders muncul ke permukaan dengan Shin Tae-yong dikabarkan menjadi pemain yang dicari untuk tim nasional Indonesia.


Proses naturalisasi keturunan dua pemain, Kevin Diks dan Mess Hilgers itu gagal. Keduanya gagal melakukan naturalisasi karena dikaruniai orang tua.

"Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks kami drop," ucap Exco PSSI, Hasani Abdulgani yang juga hadir di kantor Menpora kepada wartawan, Kamis (10/2/2022).

"Kami tidak lanjutkan karena faktor izin orang tuanya," ujarnya.

Adapun cadangan Mees Hilgers dan Kevin Diks, Hassani mengatakan pelatih Shin Tae-yong telah meminta pemain untuk berada di posisi menyerang.

"Saya sudah memberitahu ke Shin Tae-yong tadi siang sebelum rapat dilakukan."

"Shin Tae-yong meminta satu pemain keturunan untuk dinaturalisasi," ujar Hasani.

Ia juga menyebut pemain yang diserang adalah gelandang serang Alkmaar asal Maluku.

"Namanya masih dirahasiakan karena saya masih mencoba mencari tahu dulu dan sedang saya dalami," kata Hasani.

"Posisinya gelandang serang. Namanya terbilang baru. Bukan yang selama ini beredar. Dia keturunan Maluku. Pemain AZ Alkmaar."

Dengan kriteria tersebut pemain andalan AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders. Tijjani Reijders adalah pemain 23 tahun yang saat ini memperkuat klub kasta teratas Liga Belanda (Eredivisie), AZ Alkmaar. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu lahir di Belanda. Ia disebut-sebut memiliki garis keturunan Indonesia dari sang Ibu.

Peran Reijnders dalam sepak bola dimulai pada usia muda, ketika ia memulai karirnya dengan tim muda Twente. Hanya dia yang bermain di FC Twente hingga tim U-17, sebelum dilepas ke CSV '28 dan bermain selama satu tahun dari 2015 hingga 2016.

Reijnders bergabung dengan tim kampung halamannya pada 2016. PEC Zwolle U-19 Ia kemudian melangkah dan tampil di tim utama klub Eredivisie. Bahkan di PEC Zwolle Reijnders hanya bermain satu tahun. Pada 2017, ia pindah ke tim U-21 AZ Alkmaar dan dipromosikan ke tim utama pada 2018.

Pada tahun 2020, ia dipinjamkan ke RKC Waalwijk untuk jangka waktu enam bulan dari Januari hingga Juni. Setelah itu, putra mantan striker FC Zwolle Martin Reijnders kembali ke AZ Alkmaar dan bermain di tim utama.

Menurut situs Transfermarkt, Reijnders telah membuat banyak penampilan di arena profesional. Di usianya yang baru 23 tahun, Reindes telah memainkan 64 pertandingan di level profesional, mencetak dua gol dan empat assist.

Sementara rekor Reijnders cukup bagus untuk kelompok usianya, ia memiliki 19 gol dan 13 assist dalam 92 penampilan saat membela AZ Alkmaar U-21. Kini, Reijnders kerap menjadi andalan AZ Alkmaar di semua ajang selanjutnya. Rekornya untuk musim 2021-2022, ia bermain 20 kali di Eredivisie, menyumbangkan 2 gol dan 2 assist.