Viral Buaya Vegetarian, Tinggal di Sebelah Kuil Cuma Makan Nasi 2 Kali Sehari

Buaya adalah salah satu karnivora yang paling terkenal dan ganas. Sama jinaknya dengan buaya, reptil ini selalu memakan daging.


Melansir dream.co.id, Tidak demikian halnya dengan buaya rawa yang menghuni pura di danau India. Buaya rawa bernama Babia ini tidak pernah makan daging.

Selama lebih dari 70 tahun, buaya vegetarian ini telah hidup di Kuil Swamy Sri Ananthapadmanabha di distrik Kasaragod, Kerala Utara, dan bahkan tidak pernah menyerang manusia.

Tahun lalu, foto buaya rawa raksasa yang berjalan di sekitar candi menjadi viral dan menimbulkan sensasi internasional.

Tapi ini hanya sebagian kecil dari kegiatan Babia di kuil. Karena ia menghabiskan sebagian besar waktunya di danau di sekitar candi.

Sungguh mengherankan bahwa Babia menunggu para pendeta membawa makanan sehari-hari mereka. Menurut para pendeta di sana, Babia hanya makan nasi. Dia tinggal di kuil selama tujuh tahun dan tidak pernah makan daging.

Entah bagaimana, Babia bisa tinggal di kuil sejak awal. Tapi sudah lama sekali orang tidak melihat Babia sebagai salah satu penghuni pura.

Para pendeta mengklaim bahwa reptil tersebut tidak pernah menyerang mereka, dan mereka menganggap Babiya makhluk suci.

“ Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1945, seekor buaya yang juga kemudian disebut Babiya muncul di danau kuil beberapa hari setelah seorang perwira tentara Inggris dibunuh secara misterius oleh binatang yang tidak dikenal.

" Dikatakan bahwa perwira tersebut telah menembak seekor buaya yang berada di kuil pada waktu itu," kata Mahalingeshwara Bhat, kepala dewan pengawas kuil kepada The Indian Express.

Lebih aneh lagi, buaya rawa berukuran raksasa ini cuma makan nasi dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Petugas kuil mengatakan Babiya tidak pernah diberi daging dan bahkan tidak pernah menyerang ikan yang berbagi danau dengannya.

" Saya memberi makan Babiya 1 kg beras setiap hari. Dia tidak diberi makan daging; Dia bahkan tidak menyerang ikan di danau,” katanya kepada The News Minute.

Mungkin cerita buaya berubah jadi vegetarian ini agak sulit dipercaya, karena sangat bertentangan dengan makanan utama buaya rawa.

" Ini adalah buaya rawa dan makanan liar alami mereka adalah ikan. Mereka juga memakan mamalia kecil dan besar, seperti rusa, babi hutan, dan sebagainya,” kata pakar buaya Anirban Chaudhuri.

Jika diberi pilihan, buaya akan selalu memilih makanan alaminya. Tetapi penting juga untuk dipahami bahwa buaya adalah penyintas yang hebat dan dikenal sebagai hewan yang tangguh.

Oleh karena itu, kemungkinan besar buaya di danau kuil itu mungkin memakan ikan di sana dan mengonsumsi nasi sebagai perilaku yang terpaksa.

" Jadi, bola nasi yang diumpankan dua kali sehari oleh para pendeta di kuil itu mungkin hanya sebagai pelengkap makanannya saja," tambah Anirban.