Berawal dari TKW, Kini Wanita Cantik Ini Jadi Juragan Catering dan Apartemen Arab Saudi

Rezeki sudah diatur, hanya saja manusia tidak mau bekerja keras dan berdoa untuk menjemputnya.

Melansir dream.co.id, seperti kisah viral Tenaga Kerja Wanita Indonesia (TKW) yang tinggal di Arab Saudi di bawah ini.

Melalui video yang dibagikan channel YouTube Faiz Slamet, seorang wanita bernama Risma membagikan kisah suksesnya.

Risma sukses memiliki bisnis katering haji dan jajanan Indonesia. Bahkan namanya dikenal luas di kota-kota seperti Mekkah, Madinah dan Jeddah.

Awalnya menjadi TKW, namun kini Risma telah menjadi wanita sukses berkat usaha catering haji dan tapas.

Risma mengatakan beberapa jajanan yang dijualnya didatangkan langsung dari Indonesia. Tapi dia melakukannya sendiri. Dia membuat 33 jenis makanan ringan.

Anehnya, jajanan impor dari Indonesia dan jajanan hasil produksi sendiri sudah masuk ke seluruh toko jajanan Indonesia di Arab Saudi.

Melihat manajemen karyawan dan distribusinya yang bagus, Faiz sempat mengira Risma adalah sarjana ekonomi.

Namun Risma membantahnya. Dia bilang dirinya tidak pernah kuliah. Semua usahanya dilakukan secara otodidak.

Yang mengejutkan adalah dia tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Jangankan kuliah, lulus SD saja tidak.

" Nggak ada lulus SD, saya hanya lulus kelas 5 SD. Dulu saya tidak melanjutkan sekolah karena ekonomi. Sekarang saya sudah mempunyai tiga anak," ungkap Risma kepada Faiz Slamet.

Meski begitu, penghasilan Risma dari bisnis katering haji plus pada tahun 2010 silam sempat mencapai rekor 1 juta Real atau sekitar Rp3,7 miliar.

Sayangnya, usaha katering yang sebenarnya sangat menguntungkan itu harus terhenti karena pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih melanda hampir seluruh negara.

Sekarang Risma banting setir menjadi pengusaha camilan sambil menunggu haji dan umroh dibuka kembali seperti sedia kala. Namun Risma enggan mengungkapkan penghasilan yang diperolehnya dari bisnis camilan itu.

" Omzet camilan ini nggak menentu, kita sementara ini ada pemasukan karena untuk mengisi waktu selama pandemi," ujarnya.

Selama menjalani usaha katering haji dan camilan Indonesia, Risma sangat memerhatikan kesejahteraan dan kenyamanan para karyawannya.

Semua karyawannya bahkan disediakan kamar sendiri agar mereka nyaman dalam bekerja. Faiz sempat mewawancarai salah satu karyawan mengenai sosok bos mereka.

" Alhamdulillah baik Masya Allah, gaji sekitar Rp 15 juta per bulan tergantung laris atau nggaknya. Saya kerja sama istri saya. Kalau laris ditambah gajinya," ucap salah satu karyawan.