Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Pilu, Tukang Bakso Makan Dagangan Sendiri Karena Tidak Laku

Duduk di emper. Di pinggir jalan. Pria bertopi hitam itu menyangga mangkuk putih penuh kuah. Berisi mi, sedikit bakso. Pria itu sedang makan siang. Mengisi perut yang keroncongan.

Melansir Klik Trend, Sebuah gerobak teronggok di samping. Tak ada orang. Sepi. Hanya kendaraan yang terus menderu di jalan. Berlalu-lalang, tanpa putus. Namun tak ada satupun yang mampir.

Pria berkaus abu-abu itu bukanlah pelanggan. Dialah saing pedagang. Si empunya gerobak yang anteng terparkir di sebelah itu. Dia terus menyuap kuah dan mi, tanpa gangguan. Memang tak ada pembeli datang.

Inilah video pilu yang tengah viral di TikTok. Pedagang itu memakan dagangannya sendiri karena sepi pelanggan. " Makan dagangan sendiri rasanya," tulis akun @king97em, pengunggah video tersebut.

Video itu pertama kali diunggah ke TikTpk enam hari yang lalu. Ada tiga video. Semua berisi wawancara dengan pedagang bakso tersebut.

Ketiga video itu viral. Unggahan pertama telah dilihat 1,6 juta kali. Video ke dua dilihat hampir 130 ribu kali, ke tiga nyaris 77 ribu kali.

Ratusan pengguna TikTok meriung di kolom komentar. Mereka menuliskan simpati kepada pedagang yang sepi pelanggan itu.

Sejak pandemi Covid-19 memang roda perekonomian tersendat, bahkan banyak yang macet. Berhenti total. Daya beli masyarakat semakin turun.

Covid-19 memang tak hanya mengancam nyawa, tapi juga memggerus ekonomi masyarakat. Pengusaha kakap sampai pengasong kelas teri terdampak. Bahkan tak sedikit yang terpaksa gulung tikar.

Banyak pedagang yang mengaku sepi pelanggan. Pedagang bakso dalam video itu salah satunya. Dia mengaku, sejak Covid-19 melanda, dagangannya sepi.

" Hanya enam sampai sepuluh mangkuk. Paling banter sepuluh mangkuk," kata pedagang itu.

Satu mangkuk hanya dihargai Rp10 ribu. Sehingga bisa dihitung penghasilan pedagang itu dalam sehari. Rerata hanya Rp60 ribu. Mentok Rp100 ribu.

" Paling banter [keuntungan] Rp10 ribu sampai Rp20 ribu," kata sang pedagang.

Daftar Sekarang Juga: Klik Disini