Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Wanita Berhijab Nikah Beda Agama di Gereja

Jagat maya saat ini dihebohkan oleh sebuah foto sepasang kekasih beda agama menggelar pernikahan dalam sebuah gereja di Semarang.

Foto tersebut semula diunggah oleh pemilik akun TikTok @sacha_alya pada Minggu (6/3/2022) hingga menuai komentar pro dan kontra warganet.

Dalam foto tersebut, mempelai wanita terlihat mengenakan gaun panjang berwarna putih dan memakai hijab. Sementara, mempelai pria mengenakan setelan jas hitam.

Tampak raut bahagia terpancar di wajah kedua pasangan tersebut saat berfoto bersama pihak keluarga masing-masing, seorang pastor dan saksi pernikahan.

Konselor pernikahan, Achmad Nurcholis membenarkan adanya pernikahan beda agama tersebut di Kota Semarang. Pasangan pernikahan beda agama melakukan akad dan pemberkatan di dua tempat pada Sabtu (5/3/22).

Akad dilakukan di sebuah hotel Kota Semarang dan dilanjutkan pemberkatan di Gereja St Ignatius Krapyak. Ia mengaku menjadi saksi dalam prosesi pernikahan beda agama tersebut.

“Iya betul, pernikahannya kemarin Sabtu (5/3/2022). Pernikahan itu memang dilakukan dengan dua tata cara, secara Islam dan Katolik. Saya menjadi saksi pernikahan tersebut,” ungkap Nurcholis.

Nurcholis menjelaskan, secara administratif persyaratan pernikahan beda agama tidak jauh berbeda dengan pernikahan pada umumnya.

Hanya saja untuk menuju pernikahan beda agama memang harus melewati proses yang cukup panjang.

“Keduanya bisa menikah dengan dua tata cara biasanya konseling dulu dengan saya. Sejak 2 tahun sudah intens komunikasi dan pertemuan dengan saya. Sehingga sampai akhirnya mereka memantabkan diri untuk menikah,” ungkapnya.

Menurutnya, pernikahan beda agama itu dilangsungkan dengan dua tata cara untuk mendapatkan pengesahan sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

“Umumnya 99,9 persen pasangan beda agama menikah melakukan dengan dua tata cara dalam rangka untuk mendapat pengesahan menurut agama atau keyakinan masing-masing,” ujarnya.

Daftar Sekarang Juga: Klik Disini