Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Habis Omicron Terbitlah Deltacron, Berikut Gejalanya!

Para ilmuwan baru-baru ini melaporkan temuan kasus varian baru dari virus Corona yang disebut Deltacron, gabungan dari varian Delta dan Omicron. Temuan tersebut dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan ilmuan di IHU Méditerranée Infection di Marseille, Prancis.


Melansir detikcom, Bahkan, Badan Keamanan Kesehatan Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mengkonfirmasi temuan kasus Deltacron tersebut.

Tentunya kabar yang tak mengenakkan ini membuat sejumlah masyarakat khawatir akan adanya gelombang COVID-19 berikutnya.

Lantas, seperti apa gejala Deltacron?
Juru bicara Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, menjelaskan bahwa gejala yang ditimbulkan tak ada perbedaan dengan varian COVID-19 lainnya alias sama.

"Jadi gejalanya sama-sama seperti SARS-CoV-2. Gejalanya sama-sama menyerang tubuh kita," tandasnya, dalam diskusi daring, Senin (14/3/2022).

Adapun gejala Deltacron menurut dr Reisa, seperti:
  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam, menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," ujar dr Reisa dalam Siaran Sehat 'Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 di Indonesia', Minggu (27/2/2022)

Selain itu, dr Reisa juga mengungkapkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih melakukan pemantauan bagaimana varian hybrid Delta-Omicron ini berkembang.

"Kalau delta lebih banyak menyerang bagian saluran pernafasan bawah dan kalau Omicron banyak menyerang saluran pernafasan atas. Hati-Hati kalau sampai terinfeksi karena WHO juga terus memantau," katanya lagi.
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini