Demi Keluarga Tercinta, Crazy Rich Bangun Istana Super Mewah Berlapis Emas

Seorang pengusaha sukses di Thanh Hoa, Vietnam telah menjadi sorotan karena keluarganya membangun rumah mewah.

Melansir Dream.co.id, Dikutip dari Oddity Central, Rabu 23 Februari 2022 Mahakarya arsitektur ini dibangun oleh pengusaha Trinh Dinh Xuan yang bergerak di bidang konstruksi. Dari luar, mudah untuk menyimpulkan mengapa foto gedung itu viral di media sosial sejak selesai dibangun pada 2018.

Fasad dengan kolom batu raksasa mengapit pintu masuk, tiga kubah besar dengan patung berlapis emas, dan gaya arsitektur barok yang terinspirasi oleh istana Eropa. Bangunan yang disebut Xuan Truong Mansion itu adalah salah satu bangunan paling menarik di seluruh Vietnam.

Rumah megah Trinh Dinh Xuan dibangun di area seluas 1.100 meter persegi. Dari 1.100 meter persegi itu, 560 meter persegi digunakan untuk bangunan tempat tinggal, sedangkan sisanya terdiri dari tempat parkir 10 mobil dan taman yang terletak di depan properti.

Menurut media Vietnam, Xuan Truong Mansion hanya memiliki dua lantai yang terdiri dari lima kamar tidur, ruang tamu besar, dan aula yang didominasi oleh tangga berlapis emas dan satu set furnitur yang rumit.

Tak hanya eksterior bangunannya saja yang terlihat berlebihan, interiornya pun juga sangat ekstra.

Langit-langit dalam rumah mewah ini menampilkan karya seni lukis yang terinspirasi oleh mahakarya barok Eropa, serta motif berlapis emas. Lantainya dipasang marmer yang berkilau dan memantulkan cahaya dari 1.000 lampu LED, serta ada lampu gantung emas yang terpasang di langit-langit. 

Jika masuk ke rumah itu, akan terasa seperti sedang berada di Italia abad ke-17.

Meskipun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai biaya pembangunan Xuan Truong Mansion, namun media Vietnam berspekulasi bahwa biaya untuk membangun rumah itu setidaknya sebesar US$4,4 juta atau sekitar Rp 63,2 miliar.