Prediksi Apakah Mudik Lebaran Bakal Dibatasi (Lagi) Tahun Ini?

Omicron Mengganas, Tanda-tanda Mudik Lebaran Bakal Dilarang? ini penjelasan langsung dari Satgas COID-19 di Indonesia. Silahkan simak selengkapnya di sini.

Puncak kasus Omicron di Indonesia diperkirakan terjadi pada akhir Februari hingga awal Maret 2021 dan dikatakan mencapai 100.000 kasus per hari. Kabar baiknya, para ahli meyakini tren kasus COVID-19 akan mereda sebelum Idul Fitri.

Banyak yang khawatir lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan oleh Omicron akan membuat orang tidak mudik sebelum Idul Fitri. Menurut Alexander Ginting, Kepala Gugus Tugas Penanganan Sanitasi COVID-19, keputusan pelarangan mudik akan dilakukan dengan mengacu pada situasi di tingkat PPKM di Indonesia.

"Tergantung levelisasi PPKM yang dicapai pada saat menjelang Idul Fitri. Semoga bisa kembali ke PPKM level 1 atau level 2," terang dia saat dihubungi detikcom Jumat (11/2/2022).

Meski saat ini diketahui PPKM Jakarta dan Bodetabek berada di level 3. Alexander meminta masyarakat menunggu hingga situasi COVID-19 berkembang. Pasalnya, tren kasus saat ini belum mencapai puncaknya.

Oleh karena itu, pemerintah tidak dapat melihat bagaimana situasi COVID-19 akan miring sehingga pergerakan masyarakat dapat dilanjutkan dengan aman.

"Kita tunggu puncaknya sampai mana, baru bisa kita hitung pelandaiannya," pungkas dia.