Hindari Dua Dosa 'Yang Tak Akan Diampuni' Ini Agar Terhindar dari Neraka

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat juga mendapat banyak pertanyaan dari beberapa jemaahnya. Salah satu pertanyaan yang diterima Ustadz dari jamaah adalah masalah perilaku yang tidak akan pernah diampuni oleh Allah SWT.


Kemudian Ustadz Adi Hidayat pun menjawab apa yang tidak akan diampuni Allah SWT. Artinya, Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa ada beberapa dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Jadi, dosa apa yang tidak diampuni Allah SWT? Seperti dilansir portalsulut.dunia-rakyat.com dari kanal YouTube resmi Adi Hidayat, Senin 14 Februari 2022, Ustadz Adi Hidayat mengatakan ada 2 dosa yang tidak akan diampuni Allah SWT.

Juga menurut Ustadz Adi Hidayat, ketika seseorang yang telah berbuat dosa dengan tidak ikhlas memohon ampun atau taubat kepada Allah SWT.

“Dosa yang tidak diampuni di Al Quran itu ada dua. Pertama adalah syirik. Allah tidak akan pernah mengampuni dosa syirik, sepanjang yang bersangkutan tidak tobat,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 48 Al-Qur'an:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”

Ustadz Adi Hidayat kemudian mengingatkan agar tidak percaya pada dukun atau paranormal.

“Hati-hati dengan praktik dukun. Kalau sudah jauh dari ketentuan syariat Agama Islam lebih baik tinggalkan. Hati-hati karena itu syirik. Ada juga dukun yang bukan dukun biasa. Kelihatan seperti ahli dzikir, sampai menyimpulkan bahwa hatinya sudah merasa bersih, hingga sholat ditinggalkan. Perlu ekstra hati-hati kalau menemukan orang-orang seperti ini,” pesan Ustadz Adi Hidayat.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, dosa kedua yang tidak diampuni Allah SWT adalah dosa besar yang tidak pernah diampuni Allah SWT.

“Dosa besar yang tidak pernah dimintakan ampunan. Misalnya, siapa yang membunuh satu orang saja orang beriman, dan tidak bertobat maka orang ini, kata Allah akan langsung masuk ke dalam neraka jahanam,” ujarnya.

Padahal, menurut Ustadz Adi Hidayat, orang yang tidak pernah berdoa memohon taubat kepada Allah tidak akan dihakimi ketika masuk neraka.

“Ada orang masuk surga tanpa hisab, ada juga orang masuk neraka tanpa hisab. Hati-hati! Orang yang masuk neraka tanpa hisab, kata Allah, dia sengaja membunuh satu orang beriman kemudian tidak tobat, maka dia akan kekal di neraka jahanam. Dan dijanjikan akan mendapat siksaan berlipat dibandingkan dosa manusia biasa,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, ini adalah 2 dosa yang tidak akan pernah diampuni oleh Allah SWT.

Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT dari dosa dan api neraka. Amin.