Gegara Menyuruh Orang Sholat untuk Diam, Bule Ini Dihajar Warga

Seorang pria kulit putih telah dibanting oleh warga setelah dia dihukum karena mengganggu salat orang. Kemarahan warga membuatnya ketakutan dan ketakutan.

Melansir Suara.com, insiden tersebut menjadi viral setelah dibagikan di akun Instagram @/nenk_updatee. Menurut informasi akun ini, kejadian bermula ketika seorang pria bule mendatangi seseorang yang sedang shalat.

Orang bule itu kemudian menyuruh mereka yang sedang berdoa untuk diam. Tindakannya itu langsung membuat marah orang-orang yang sedang salat, dan warga sekitar tidak terima.

"Menurut info yang beredar, bule ini mendatangi orang yang sedang melaksanakan salat dan dia bilang, 'Sssssstttt'. (Maksudnya suruh diam)," tulis akun ini sebagai keterangan Instagram seperti dikutip Suara.com, Senin (21/2/2022).

Walau begitu, sang bule diduga tidak memahami jika orang itu sedang beribadah. Terbukti, ia begitu kebingungan dan syok saat melihat reaksi warga yang mengamuk. Bahkan, sejumlah warga dikabarkan menghajar bule itu.

"Bule ini tidak paham karena mungkin beda budaya. Masyarakat sekitar pun geram lalu memukuli bule ini," lanjut akun ini.

Beruntung, seorang pemuda datang untuk mendinginkan suasana. Ia langsung mengamankan bule itu dari amukan warga lain. Pemuda ini juga meminta warga untuk tenang.

Dalam video, ia menuntun bule itu dengan lembut ke tempat duduk. Pemuda ini juga memberikan sebotol air mineral untuk sang bule yang sudah begitu syok dan jalan dengan terantuk-antuk.

"Bersyukur ada warga yang menolong bule ini dan memberi sedikit nasehat," jelas akun ini.

Sang bule berusaha menjelaskan jika dirinya memang menyuruh diam orang tersebut. Ia pun mengakui tindakannya itu salah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

"Saya tahu (tindakan) saya tidak bagus di sana. Saya tahu. Apa bisa caripermesi," kata bule tersebut.

Pemuda ini lantas berusaha memberikan pengertian kepada bule itu. Ia memegang pundak bule itu, lalu menjelaskan jika aksinya itu menyinggung perasaan perasaan warga.

"Denger ya pak, denger ya. Nah, mereka ini orang-orang lagi sholat, mereka punya agama. Jadi bapak enggak boleh mengganggu orang yang lagi sholat," jelas pemuda itu.

"Jadi lain kali kalau ada orang sholat, bapak enggak boleh mengganggu ya. Bapak biarkan aja. Jadi bapak ini salah mengganggu orang, oke?" lanjutnya.

Sang bule rupanya mulai mengerti. Ia berjanji akan diam jika ada orang yang sedang salat. Tak hanya itu, bule itu juga berusaha meminta maaf kepada warga.

"Saya quiet (diam). Ada orang di sana, saya 'Ssssttt'. Maaf, saya tidak tahu mengganggu. Iya tahu banyak. (Saya) maaf banyak," ungkap bule itu.

Mendengar itu, sang pemuda mengangguk kepada sang bule. Ia juga sekali lagi memberikan pengertian mengenai warga sekitar yang kerap menuaikan ibadah salat di masjid.

Menurutnya, warga juga pasti akan memaafkan tindakan bule itu. Namun, ia meminta sang bule untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Ya oke siap, tapi jangan menganggu ya. Lain kali jangan menganggu orang salat ya? Ya, kita bisa memaafkan, cuma bapak ingat satu, bapak enggak boleh mengganggu orang. Maksudnya enggak boleh mengikuti orang yang sedang sholat," ucap pemuda itu.