Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Bukan Hoax, BLT Kemensos Rp. 1,2 Juta Sudah Siap Disalurkan


Sejak awal pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan berbagai bantuan sosial tunai (BST) maupun bantuan sosial non-tunai (BPNT) untuk masyarakat yang terdampak pandemi. Bantuan ini diberikan untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar, terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Kini, pemerintah kembali memberikan bantuan sosial tunai (BST) yang bernama Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 1,2 juta bagi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan ini akan disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan bantuan sebelumnya, BLT Kemensos Rp. 1,2 juta ini tidak melalui proses seleksi ulang. Bantuan ini ditujukan untuk keluarga penerima manfaat yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sebelumnya. Artinya, bagi keluarga yang sudah pernah menerima bantuan sosial dari Kemensos, mereka akan langsung mendapatkan bantuan BLT sebesar Rp. 1,2 juta tanpa harus melakukan pendaftaran ulang.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengatakan bahwa bantuan BLT ini sudah siap disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia dan diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Ia juga menekankan bahwa bantuan ini bukanlah hoax atau kabar bohong, melainkan benar-benar akan disalurkan ke keluarga penerima manfaat yang memenuhi persyaratan.

Untuk mendapatkan bantuan BLT Kemensos Rp. 1,2 juta, keluarga penerima manfaat hanya perlu mengecek status penerimaan di laman resmi Kemensos. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka bantuan akan disalurkan ke rekening yang terdaftar.

Namun, bagi keluarga yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial, mereka masih bisa mendaftar melalui program-program bantuan sosial lainnya yang disediakan oleh pemerintah daerah atau organisasi sosial.

Dalam situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, bantuan sosial sangatlah penting bagi masyarakat yang membutuhkannya. Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. Jadi, jangan ragu untuk mengecek status penerimaanmu dan segera klaim bantuanmu.
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini