Heboh Klaim Makan Pakai Sumpit Haram Bagi Muslim, Benarkah?

Klaim menghebohkan kembali beredar di jagat maya. Seorang warganet berkomentar bahwa makan pakai sumpit haram bagi Muslim dalam tayangan live streamingaktor Tionghoa-Muslim Malaysia, Adam Corrie, lapor World of Buzz, Kamis (17/3/2022).


Melansir Liputan6, Kala itu, Adam tampak sedang makan di restoran Tionghoa-Muslim di Wangsa Maju, Kuala Lumpur. Ia menggunakan sumpit dan itu bertentangan dengan pendapat salah satu warganet yang mengklaim bahwa penggunaan sumpit tidak diizinkan di kalangan Muslim.

"Baik untuk membaca doa sebelum makan, tapi penggunaan sumpit adalah haram bagi umat Islam. Mohon maafkan saya atas peringatan ini," tulisnya.

Alih-alih tersinggung, Adam dengan sopan menanggapi komentar tersebut, menyebutkan bahwa sebagai seorang Muslim Tionghoa, ia telah merujuk pada pendapat dan saran dari beberapa ustaz bertahun-tahun sebelumnya. Ia menjawab, "Penggunaan sumpit diperbolehkan karena sama seperti peralatan lain: garpu, sendok, dan pisau. Itu tidak ada hubungannya dengan iman dan agama."

Komentar tersebut lantas mendapat perhatian warganet lain yang sebagian besar mengecam karena melabeli penggunaan sumpit sebagai haram. Salah satunya menulis, "Di mana Anda belajar agama dulunya? Di dalam gua?"

Yang lain berkomentar, "Tolongbelajar lebih banyak sebelum mengatakan sumpit tidak diperbolehkan (dipakai oleh Muslim). Itu adalah peringatan berat." "Umat Islam di China juga menggunakan sumpit, termasuk (ketika) Ramadan saat memakan kurma," pengguna lain menimpali.

Sementara itu, beberapa warganet membandingkan penggunaan sumpit dengan peralatan makan lain dan secara retoris mempertanyakan apakah itu juga haram. Ini bukan kali pertama Adam menerima "peringatan" penggunaan sumpit untuk makan sebagai seorang Muslim.

November tahun lalu, ia menghadapi komentar serupa, lapor Hype. Kala itu, Adam menjelaskan, "Ambil lah dengan cara yang positif. Kita hidup dalam masyarakat multiras. Makan dengan sumpit tidak dianggap 'haram.'"

Ia melanjutkan, "Saya ditegur sebelumnya. Mereka mengatakan pada saya bahwa jika sudah masuk Islam, Anda tidak dapat menggunakan sumpit (ketika makan) karena itu 'haram.'"

Di unggahan yang sama, Adam menjelaskan bahwa makan dengan sumpit memang jadi budaya yang dipraktikkan masyarakat Tionghoa. Tidak hanya itu, ia juga meluangkan waktu menunjukkan pada para pengikut Instagram-nya cara menggunakan sumpit dengan benar saat makan nasi yang disiapkan dalam mangkuk.

"Biasanya saya makan pakai tangan jika nasi dihidangkan di piring. Kami makan di restoran Cina Muslim, dan mereka menyajikan nasi ayam jahe kukus dalam mangkuk. Makanya saya pakai sumpit, sesuai budaya saya sendiri," jelas Adam lebih lanjut.