Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Cuma Kerja Bersihkan WC, TKW di Swedia Digaji Rp 46 Juta/Bulan

Kisah wanita itu menjadi terkenal karena pekerjaannya yang bergaji tinggi sebagai pekerja pabrik. Namun di balik itu semua, ada cerita lain yang cukup membuatnya sengsara.

Ya, itulah yang terjadi pada Mita dari Banyuwangi, Jawa Timur, tempat ia bekerja dan hidup bahagia bersama suaminya yang berkulit putih di Swedia.

Mita diketahui telah menikah dengan seorang bule Swedia bernama Eddie pada 17 April 2017. Setelah tinggal di Swedia selama empat tahun, Mitta menghabiskan waktunya untuk mengurus keluarga dan fokus menjadi ibu rumah tangga.

Dia juga sering bepergian ke pedesaan untuk melepaskan pikirannya tentang keluarganya. Namun kini, Mitta telah memutuskan untuk tetap tinggal di Swedia. Bahkan untuk menambah pendapatan keluarga, ia memilih menjadi buruh pabrik.

Melansir dari Line Today, dia mendapat pekerjaan itu dari lamaran suaminya, yang bekerja sebagai ketua tim di sebuah pabrik. Gaji yang didapatnya juga besar.

"Ini kerjanya tuh bukan kerja kayak kantoran, aku memang buruh pabrik. Itu gajinya 28 ribu krona tiap bulan. Bayangkan itu kayak sekitar Rp46 juta," katanya dilansir dari YouTube Family Indonesia Sweden, Jumat (18/2/2022).

Meski mendapat gaji yang fantastis, ternyata ia juga dikenakan beban pajak yang cukup besar di Swedia, yang bisa menyentuh angka Rp10 juta.

"Tapi jangan salah, ada pajak di sini kita bayar mahal banget. Pajaknya sekitar 6 ribu kron atau sekitar Rp10 juta. Jadi total gajiku 22 kron atau sekitar Rp36 juta," ujar Mita.

Bukan hanya pajak, ternyata kehidupan di Swedia juga sangat mahal. Mita menyebut harga beras dan cabai di Swedia cukup mahal, padahal ia tak bisa meninggalkan nasi dan sambal sebagai makanan sehari-hari yang menjadi kebiasaan orang Indonesia.

Ia juga menyebut jika harga keju dan roti itu murah tetapi tak cocok dengannya dan takut malah masuk rumah sakit.

"Kalau aku makan keju sama roti, cepat kaya aku guys. Tapi kurus nanti aku yang ada masuk rumah sakit, aduh enggak bisa aku. Nanti emak aku marah-marah di sini dikira tidak bahagia," ucapnya.

Sebelum bekerja menjadi buruh pabrik, ternyata Mita sempat menjadi cleaning service dan sempat mengalami keguguran. Mita mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai petugas kebersihan toilet. Diketahui ia bekerja setiap hari Selasa dan Kamis selama 4 jam setiap harinya.

"Pertama kali kerja itu aku jadi cleaning service. Tukang gosok WC guys di tempat kerjanya suamiku," tutur Mita.

Meski dalam waktu seminggu Mita hanya bekerja dengan total waktu 8 jam, ia sudah berhasil mengumpulkan uang yang cukup banyak.

Setiap bulannya Mita mendapatkan gaji 6 ribu krona Swedia atau sekitar Rp10 juta, tetapi ia hanya sempat bekerja selama dua bulan karena setelahnya ia hamil.

"Itu kalau tidak salah cuma dua bulan karena Maretnya aku hamil. Tetapi Tuhan berkehendak lain karena aku keguguran," jelasnya.

Setelah mengalami keguguran, dirinya disarankan untuk beristirahat di rumah. Namun karena kegigihannya, ia akhirnya memutuskan untuk bekerja sebagai buruh pabrik. Pekerjaan Mita kali ini memiliki jam masuk setiap Senin sampai Jumat, dari jam 06.00 s.d 15.00, yang artinya Mita bekerja di pabrik selama 9 jam.

Mita kini bekerja memegang mesin-mesin pabrik dan ia merasa kesulitan karena semua mesin memiliki petunjuk dalam Bahasa Swedia.

Tetapi Mita cukup beruntung karena ia sering dibantu oleh suami bulenya ketika kesulitan dalam membaca petunjuk yang menggunakan Bahasa Swedia.

"Sebenarnya kita harus bisa Bahasa Swedia. Tapi karena suamiku sudah kerja lama di sana apalagi dia team leader, jadi aku bisa dibantu di sana. Aku juga lumayan bisa Bahasa Inggris," tandasnya.

Daftar Sekarang Juga: Klik Disini