Survei : PDIP dan Gerinda Nomor Satu di Jawa Barat

Menurut temuan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), jika pemilihan umum digelar saat ini, elektabilitas partai PDI-P dan Gerindra tertinggi di Jawa Barat.

"Urutan pertama itu ditempati oleh PDI-P dan Gerindra, agak sulit kita menentukan mana yang lebih unggul di antara dua partai karena di bawah margin of error selisihnya," kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad, Selasa (15/2/2022).

Pada analog semi terbuka, rekaman yang dipatenkan PDI-P adalah 16%, dan Partai Gerindra memiliki 14,8%. Di bawah dua partai tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (9,2%), Partai Gorka (81%), Partai Demokrat (5,9%) dan Partai Kebangkitan Bangsa (5,1%).

"Dukungan terhadap partai-paratai lain di bawah 3 persen dan masih ada 32,7 persen (responden) yang belum tahu atau tidak menjawab," ujar Saidiman.

Survei yang sama juga menunjukkan bahwa PDI-P menjadi satu-satunya partai dengan peningkatan opsional dibandingkan perolehan suara pada pemilihan umum 2019, dari 14,3% menjadi 16%.

"Dibanding dengan hasil Pemilu 2019, suara PDI-P cukup stabil, sedangkan partai-partai lain mengalami kecenderungan menurun," kata Saidiman.

Survei dilakukan oleh SMRC melalui wawancara telepon dari 5-8 Februari 2022.

Sebanyak 801 responden survei ini dipilih secara acak dari database hasil survei SMRC sebelumnya dan dipilih secara acak dengan panggilan nomor acak.

Pada tingkat kepercayaan 95%, margin of error survei diperkirakan ±3,5%.