Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Daftar Sekarang Juga: Klik Disini

Pemuda Bakar Ban Protes Tak Dilibatkan di MotoGP Mandalika, ITDC Siap Serap Aspirasi

Protes berlangsung di depan sirkuit Mandalika di Lombok. Setidaknya ratusan pemuda di lokasi tersebut memblokir jalan dan membakar ban. Apa itu?

Tindakan memblokir jalan dan membakar ban merupakan protes terhadap Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Ratusan pemuda tergabung dalam Karang Taruna Indonesia di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami akan tetap melakukan protes, kalau kami tidak dilibatkan dalam ajang MotoGP Mandalika ini," kata Srianom dalam orasinya di Praya, Selasa (8/2), seperti diberitakan oleh Antara.

Anak-anak muda itu protes karena dianggap tidak menjadi bagian dari ajang MotoGP Mandalika. Aksi pembakaran ban dilakukan di tengah jalan yang berujung pada munculnya kemacetan lalu lintas.

Liga Pemuda bahkan dalam sambutannya mengakui bahwa beberapa warga setempat telah direkrut menjadi marshal. Namun, mereka percaya bahwa MGPA dan ITDC harus bisa melibatkan lebih banyak anak muda di sekitarnya.

"Kami merasa kecewa kepada ITDC yang selama ini tertutup, tidak mau terbuka kepada masyarakat lokal," tambah dia.

Sementara itu, Vena Supriadi, Ketua Karang Taruna Desa Ketara, mengatakan para marsekal yang mengikuti ajang MotoGP Mandalika hanya digaji Rp 400.000 dan mereka bekerja selama dua minggu.

"Artinya masih banyak peluang warga lokal untuk bisa diberdayakan dalam ajang MotoGP ini. Kami banyak kemampuan, tapi tidak diberikan kesempatan untuk bekerja," timpal dia.

Menanggapi protes dan aksi tersebut, ITDC menyatakan akan menerima keinginan warga setempat. Diskusi akan diadakan dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kami akan diskusikan dengan pihak terkait apa yang menjadi aspirasi para pemuda ini," jawab Managing Direktur PT ITDC Bram Subiandoro

Protes, pemblokiran jalan, dan pembakaran ban hanya terjadi 24 jam setelah seluruh pebalap MotoGP tiba di Mandalika. Marc Marquez dan yang lainnya mendarat di Lombok usai lepas landas dari Malaysia.

Pembalap MotoGP dijadwalkan menjalani tes pramusim di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika akhir pekan ini (11-13 Februari). Sementara itu, MotoGP Indonesia dijadwalkan pertengahan Maret.

Daftar Sekarang Juga: Klik Disini