Ini Video Ustaz Khalid Basalamah, Sebut Wayang Haram dan Lebih Baik Dimusnahkan

Viralnya video ceramah Ustadz Khalid Basalamah tentang Wayang di media sosial ternyata memicu reaksi dari Persatuan Wayang Indonesia (Pepadi) di wilayah Banyumas Raya.


Mereka mengancam akan melaporkan Ustadz Khalid Basalamah ke tim investigasi kriminal polisi.

Bambang Barata Aji, Koordinator Pepadi Kabupaten Banyumas Raya, mengaku sangat dirugikan dengan apa yang disampaikan Ustadz Khalid Basalamah dalam sambutannya yang mengatakan bahwa Wayang dilarang dan lebih baik dimusnahkan.

Bagi pihaknya, ucapan wayang haram dan dilarang (dalam Islam), tidak menjadi persoalan lantaran sudah biasa diucapkan. "Tapi dalam kalimat berikutnya ada ujaran ‘lebih baik dimusnahkan’, ini sangat menyakitkan kami,” katanya, Minggu 13 Februari 2022 sebagaimana dikutip dari Antara

Bambang mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Pepadi Provinsi Jawa Tengah dan Ketua Pepadi Kabupaten Banyumas serta para pelaku seni pewayangan di Banyumas untuk mengambil sikap atas pernyataan Ustaz Khalid Basalamah ini.

Menurut Bambang, ujaran pengharaman produk seni budaya wayang oleh Khalid Basalamah merupakan wacana yang sangat merugikan dan berbahaya.

“Lebih jauh lagi, dapat dimaknai sebagai upaya memperkeruh kehidupan bermasyarakat bahkan mengarah pada upaya disintegrasi bangsa,” katanya didampingi Ketua Pepadi Banyumas Sriyono dan sejumlah dalang lokal Banyumas.

Ia mengatakan ujaran atau pernyataan Ustadz Khalid Basalamah dapat mengarah pada upaya disintegrasi bangsa karena wayang merupakan produk seni budaya yang ditemukan pada berbagai kelompok etnik di nusantara dengan berbagai ekspresi, mulai dari wayang purwa, wayang orang, wayang golek, wayang wali, wayang wahyu, wayang beber, dan sebagainya.

Selain itu, wayang juga merupakan produk seni budaya yang mengalir dari zaman ke zaman dengan berbagai adaptasi dan pengkayaan sehingga tidak hanya ekspresi seninya juga kandungan filsafat atau moral dan etik masyarakat yang terus maju ke depan.

Bahkan, lanjut Bambang, Wali Songo dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa juga menggunakan wayang sebagai media dakwah.

“Apa yang diharamkan oleh Saudara Khalid Basalamah ini menepis produk pengislaman masyarakat Nusantara oleh para aulia. Hal ini tentu berbahaya bila ditafsirkan bahwa para wali melaksanakan hal-hal yang haram dalam penyebaran agama Islam,” kata Bambang yang juga Ketua Yayasan Dhalang Nawan.