Menag Yaqut Sebut Arab Saudi Juga Mengatur Urusan Toa Masjid

Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Arab Saudi juga mengatur masalah toa masjid. Dia menilai orang yang meributkan urusan toa berarti kurang piknik.


Melansir Detikcom, Hal itu disampaikan Yaqut saat memberikan sambutan di Konbes XXV GP Ansor di Kalimantan Selatan. Yaqut awalnya menyampaikan bahwa dia harus segera kembali ke Jakarta karena Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syekh Abdullatif bin Abdulaziz, akan kembali ke negaranya.

"Mohon maaf, sahabat-sahabat sekalian, mohon maaf setelah ini saya harus pulang dulu, kembali dulu ke Jakarta, karena tamu saya Menteri Urusan Agama Islam Saudi nanti malam akan kembali ke negaranya, saya harus mengantarkan beliau di bandara," kata Yaqut dalam siaran YouTube GP Ansor, Rabu (30/3/2022).

Yaqut kemudian menyinggung kesamaan Saudi dengan Indonesia. Salah satu kesamaan itu adalah masalah toa masjid.

"Tapi alhamdulillah seperti berita yang kita baca, kita dengar, kita saksikan, ternyata di Saudi itu sama dengan di Indonesia, urusan toa pun diatur. Jadi kalau orang ribut urusan toa, berarti kurang piknik," katanya.

Lebih lanjut, Yaqut mendoakan orang yang meributkan masalah toa itu bisa piknik. Setidaknya, kata dia, piknik ke Arab Saudi untuk umrah.

"Jadi yang ribut-ribut itu kita doakan bisa piknik, setidaknya umrahlah, nanti di Saudi supaya tahu bahwa toa itu juga diatur di Saudi sana, bukan hanya di Indonesia," sebutnya.

Kepada hadirin, Yaqut bertanya apakah masalah toa masih akan diributkan. Hadirin pun menjawab dengan gelak tawa.

"Ini mau ribut lagi nggak soal toa kira-kira?" tanya Yaqut ke hadirin yang disambut dengan gelak tawa.

"Kalau saya teruskan ribut lagi ini pasti, he-he," kata Yaqut.